Inilah Aturan Menggunakan Jas Pria yang Wajib Diketahui

advertise here
Seiring dengan dewasanya umur, maka penggunaan pakaian pun juga akan menjadi berubah. Untuk para pria, yang biasanya mengandalkan kaos dan celana pendek, maka lama-lama akan berubah dengan penggunaan jas hingga celana kain demi pekerjaan. Namun ada juga pakaian formal lain yang juga harus dimiliki yakni jas pria. Jas biasanya dipakai di beberapa kepentingan tertentu misalnya adalah untuk meeting, bertemu klien hingga acara kantor dan pesta formal. 

Hasil gambar untuk jas pria
Dalam penggunaan jas sendiri tidak bisa sembarangan. Hal ini demi meminimalisir tampilan penggunaan jas yang kurang maksimal. Para pria harus tahu beberapa aturan ini dalam penggunaan jas:

  • Pakai kaos dalam apabila sering berkeringat

Beberapa pria memang memiliki tubuh yang mudah sekali berkeringat. Jika Anda adalah tipe demikian, maka ada baiknya untuk menggunakan kaos dalam sebagai dalaman. Hal ini dimaksudkan agar keringat bisa terserap ke kaos dalamnya. Tentu tidak akan nyaman jika keringat langsung tembus ke kemeja lalu terlihat basah pada jas Anda.

  • Ujung celana jatuh pas di atas sepatu

Usahakan penggunaan celananya harus jatuh tepat dan pas di bagian atas sepatu sehingga penampilan terlihat fashionable. Hindari penggunaan celana terlalu panjang lantaran hal ini akan bisa kurangi estetika serta bisa terlihat aneh. Tapi jika Anda suka tampilan yang agak kasual, maka celana lebih tinggi atau digulung juga bisa dilakukan.

  • Warna dan panjang dasi

Hindari penggunaan dasi dengan panjang yang melebihi pinggang. Anda bisa menggunakan dasi dengan panjang hanya sampai pinggang atau justru lebih pendek. Lebar dasi pun harus disesuaikan pada lebar kerahnya. Anda bisa sesuaikan warna dasi yang dipakai dimana warna lebih gelap dari kemejanya sangat disarankan.

  • Panjang jas menutup resleting celana

Untuk panjang jas yang bisa Anda kenakan direkomendasikan untuk bisa menutup hingga resleting celana dan juga pantat. Hindari menggunakan jas yang terlalu pendek, atau bahkan terlalu panjang karena kurang pantas dikenakan. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat jas sendiri di tukang jahit sehingga ukuran pun akan bisa pas dengan tubuh Anda. Bagian bahu juga harus pas sehingga terlihat gagah.

  • Jangan sampai kaki kelihatan

Ketika menggunakan setelan jas, maka tentunya pakai sepatu formal akan bagus. Jangan lupa juga pakai kaos kaki. Namun pastikan jika kaos kaki yang dipakai cukup panjang sehingga tidak akan ada bagian kaki yang kelihatan, bahkan saat Anda duduk. Warna sepatu usahakan cocok dengan warna jas sehingga terlihat berpadu.

Itulah beberapa aturan dalam penggunaan jas pria sehingga tampilan bisa maksimal dan profesional. Selain itu, sesuaikan bentuk jas dengan bentuk tubuh Anda mengingat bentuk tubuh setiap pria tidaklah sama.