Sentra kerajinan logam kuningan, tembaga dan perak di Jawa Tengah

advertise here
Sentra kerajinan logam kuningan, tembaga dan perak di Jawa Tengah. Bagi Anda yang kerap melakukan perjalanan ke wilayah Jawa Tengah mungkin seringkali melihat beraneka macam bentuk seni kerajinan logam seperti kerajinan tembaga maupun kuningan disepanjang jalan Boyolali - Solo. Ya, lokasi tersebut merupakan tempat dimana menjadi sentra kerajinan logam di Jawa Tengah. Boyolali adalah sebuah daerah yang memiliki begitu banyak pengrajin barang-barang kesenian seni rupa.

Selain bentuk-bentuk ukiran kayu, ukiran yang berasal dari logam juga memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang memandangnya. Terlebih lagi bagi para kolektor penikmat benda-benda seni tinggi, tentunya akan tertarik untuk menjadikan barang-barang seni kerajinan tersebut mengisi sudut-sudut lemari tempat mereka menempatkan barang-barang koleksinya. Bagi Anda yang memang bukan seorang kolektor namun ingin mendapatkan berbagai benda seni kerajinan kuningan atau tembaga, tentunya bisa memilih barang-barang yang sekiranya memang cocok untuk dijadikan penghias rumah atau sebagai penambah nilai estetika hunian.

Tak seperti di daerah Boyolali yang kaya akan kerajinan kuningan, di Yogyakarta lebih di dominasi oleh pengrajin perak. Perak-perak hasil kerajinan Yogyakarta merupakan perak yang memiliki nilai jual yang tinggi seperti halnya perak Bali. Dikarenakan harganya yang relatif mahal, seni kerajinan perak biasanya dengan bentuk yang lebih kecil dan minimalis seperti cincin, kalung, giwang dan berbagai suvenir khas kota Yogyakarta.

Jika Anda merencanakan untuk membeli berbagai benda-benda seni tersebut ada beberapa tips memilih barang kerajinan tembaga dan kuningan sebagai hiasan rumah yang mungkin bisa menjadi referensi Anda. Diantaranya antara lain sebagai berikut:
- Pastikan harganya sesuai dengan penampilan dan bahan benda seni tersebut
- Pilihlah barang dengan tingkat kecemerlangan warna yang baik
- Selalu melihat benda seni secara keseluruhan baik dari segi fisik maupun fungsi
- Pastikan rumah Anda memiliki ruang yang cukup bagi benda-benda tersebut
- Dan lain sebagainya.